Sunday, July 19, 2020

Pengertian dan Ciri Teks Berita


Pernahkah kamu membaca berita di koran?
Pernahkah kamu menonton berita di televisi?
Apakah isi berita yang kamu baca atau tonton tersebut?

Dari sebuah berita yang kita baca atau tonton, kita bisa mengetahui peristiwa yang sedang terjadi. Misalnya, berita tentang Olimpiade Matematika tingkat pelajar yang dilaksanakan di Hong Kong. Kita bisa tahu apa nama kegiatan, siapa saja peserta, di mana tempat pelaksanaa, kapan waktu pelaksanaan, mengapa dilaksanakan kegiatan, dan bagaimana pelaksanaan kegiatan tesebut. Untuk lebih jelasnya, cermatilah teks berita berikut.

***

Siswa-siswi Indonesia Panen Medali dalam Hong Kong International Mathematical Olympiad Final 2019

Sebanyak 28 medali emas berhasil dibawa pulang oleh peserta Indonesia yang berpartisipasi dalam Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) Final 2019 pada 30-31 Agustus 2019. Sebanyak 175 siswa SD hingga SMA asal Indonesia bersaing dengan seribuan peserta dari 29 negara. Selain medali emas, kontingen Indonesia meraih 51 medali perak dan 45 medali perunggu.

Melengkapi capaian manis tersebut, Indonesia meraih 6 penghargaan khusus dengan rincian: 1 gelar World Star (nilai tertinggi nasional), 1 gelar Champions (nilai tertinggi di antara para peserta dari seluruh negara), 3 gelar 1st Runner Up, dan 1 gelar 2nd Runner Up.

Layaknya seluruh peserta HKIMO Final 2019 dari negara lain, putra-putri Indonesia juga sebelumnya telah melalui tahap seleksi di Indonesia. Di Hong Kong, mereka bersaing dalam 2 tingkatan yang dikompetisikan, yaitu junior dan senior pada 31 Agustus 2019.

Dari segi soal, peserta Indonesia harus menghadapi tipe soal yang bervariasi dan berkelas olimpiade internasional. Beruntung, sebagian dari peserta Indonesia telah terbiasa dengan atmosfer kompetisi. Sementara dari segi negara peserta, Australia dan Filipina menjadi saingan terberat dalam HKIMO Final 2019 ini.

“Kami turut berbangga atas capaian siswa-siswi yang mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk meraih capaian yang lebih baik ke depannya," ujar Mandala S. Purba, Acting Konsul Jenderal RI Hong Kong.

Koordinator kontingen Indonesia, Bapak Ami Triono menyampaikan apresiasi kepada KJRI Hong Kong atas dukungan yang diberikan. Selanjutnya, dia menyampaikan bahwa para peserta yang meraih medali emas akan bertanding dalam World International Mathematical Olympiad (WIMO) di Tokyo pada akhir Desember 2019. Disampaikan pula harapan terhadap dukungan Pemerintah Pusat dalam persiapan menuju WIMO 2019 agar kontingen Indonesia dapat meraih hasil maksimal.​

Sumber: https://kemlu.go.id/ diakses tanggal 16 April 2020
***

Dari kutipan berita di atas, kita mengetahui bahwa pelajar Indonesia meraih 28 medali emas, 51 medali perak, dan 45 medali perunggu dalam ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad Final 2019 yang dilaksanakan pada 30-31 Agustus 2019 di Hong Kong. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan pengertian teks berita sebagai berikut.
Teks berita adalah teks yang isinya mengenai segala hal yang terjadi di dunia ini yang berupa fakta, dan ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Jadi, berita merupakan suatu peristiwa yang benar-benar terjadi secara langsung yang bersifat faktual. (Elina Syarif & Muh. Arsyidin, 2019)

Teks berita merupakan teks yang berfungsi untuk melaporkan informasi untuk pembaca. Menurut Elina Syarif & Muh. Arsyidin (2019), informasi tersebut sebagai berikut.
  1. Memberikan informasi kepada pembaca dalam berbagai peristiwa.
  2. Memberikan pesan komunikatif, yang berarti untuk memberikan berita kepada pembaca mengenai suatu kejadian yang pantas, penting, dan layak untuk diberitakan kepada khalayak.
  3. Menginformasikan kepada masyarakat tentang kelayakan yang dimiliki suatu hasil karya.
  4. Mengajak pembaca berdiskusi mengenai masalah yang terdapat dalam suatu hasil karya.
  5. Menyampaikan saran kepada pembaca apakah suatu hasil karya atau berita pantas untuk dinikmati atau tidak.

Sebagai sebuah teks, berita memiliki ciri yang membedakan dengan teks lainnya. Berikut ini ciri-ciri teks berita.
  1. Dapat dipercaya (faktual), artinya berita tersebut haruslah memuat sebuah fakta yang nyata, bukan opini atau gagasan sang penulis.
  2. Diterima di masyarakat.
  3. Jelas.
  4. Menarik.
  5. Menggunakan kalimat sederhana.
  6. Segera disampaikan.
  7. Terkini (aktual), artinya peristiwa yang diberitakan baru saja terjadi atau sedang terjadi.



EmoticonEmoticon