Monday, July 20, 2020

Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Berita


Berita memiliki unsur-unsur agar peristiwa yang disampaikan dapat diterima secara jelas oleh pembaca atau penonton. Terdapat enam unsur berita yang dalam bahasa Inggris disingkat menjadi 5W+1H, sedangkan dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya sebagai akronim Adik Simba. 

Unsur-unsur berita:
  1. Apa : Peristiwa apa yang terjadi?
  2. Di mana : Di mana peristiwa tersebut terjadi?
  3. Kapan : Kapan peristiwa tersebut terjadi?
  4. Siapa : Siapa saja yang terlibat di dalam peristiwa tersebut?
  5. Mengapa : Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi?
  6. Bagaimana : Bagaimana jalannya peristiwa tersebut?

Kita dapat mengidentifikasi unsur-unsur berita berjudul “Siswa-siswi Indonesia Panen Medali dalam Hong Kong International Mathematical Olympiad Final 2019” sebagai berikut:
  1. Apa : Indonesia meraih 28 medali emas, 51 medali perak, dan 45 medali perunggu dalam Hong Kong International Mathematical Olympiad Final 2019
  2. Di mana : Hong Kong
  3. Kapan : 30-31 Agustus 2019
  4. Siapa : 175 siswa-siswi SD-SMA asal Indonesia, seribuan peserta dari 29 negara
  5. Mengapa : peserta Indonesia telah terbiasa dengan atmosfer kompetisi
  6. Bagaimana : Peserta Indonesia telah melalui tahap seleksi di Indonesia. Indonesia mendapat 28 medali emas, 28 medali emas, 51 medali perak, 45 medali perunggu, dan 6 penghargaan khusus, dengan rincian: 1 gelar World Star, 1 gelar Champions, 3 gelar 1st Runner Up, dan 1 gelar 2nd Runner Up. Para peserta yang meraih medali emas akan bertanding dalam World International Mathematical Olympiad (WIMO) di Tokyo pada akhir Desember 2019.

Setelah mengidentifikasi unsur-unsur teks berita, selanjutnya kita menyimpulkan isi teks berita. Menyimpulkan isi teks berita dilakukan dengan cara menggabungkan atau menyusun hasil identifikasi unsur unsur teks berita menjadi satu paragraf yang padu.

Pada berita berjudul siswa siswi Indonesia panen medali dalam Hongkong International Mathematical Olympiad Final 2019, kita bisa menyimpulkan isi berita tersebut dengan menggabungkan hasil identifikasi enam unsur yang sudah kita lakukan di atas. Simpulan isi teks berita tersebut sebagai berikut.

Indonesia meraih 28 menjadi emas, 51 medali perak, dan 45 medali Perunggu dalam Hongkong International Mathematical Olympiad Final 2019 di Hongkong pada tanggal 30-31 Agustus 2019. Indonesia mengirimkan 175 pelajar SD-SMA untuk bersaing dengan seribuan peserta dari 29 negara. Peserta dari Indonesia telah melalui tahap seleksi dan sudah terbiasa dengan atmosfir kompetisi sehingga bisa mendapatkan banyak medali dan enam penghargaan. Para peserta yang meraih medali emas akan bertanding dalam World International Mathematical Olympiad (WIMO) di Tokyo pada akhir Desember 2019.






EmoticonEmoticon